[Kitchen] Pengalaman Menggunakan Lodge Cast Iron Griddle Pan Diameter 10.5 inch / 26.67 cm

Saya memutuskan membeli wajan Lodge Cast Iron Griddle Pan diameter 26.67 cm di awal tahun 2021. Wajan lodge cast iron griddle pan ini adalah produk ke-2 yang pernah saya punya dari Lodge setelah 3 tahun sebelumnya saya pernah membeli Lodge Cast Iron Double Dutch Oven 5 Quart dan menjualnya kembali dalam waktu kurang dari 6 bulan pemakaian. Loh, kenapa?

Singkatnya, kesan dan pengalaman yang saya dapat selama menggunakan peralatan masak cast iron tipe double dutch oven saat itu adalah berat, kurang ergonomis, tidak sesuai dengan kebutuhan masak sehari-hari, komitmen yang masih rendah, dan kemampuan baking yang masih pas-pasan. 


Saya membeli Lodge cast iron griddle pan kali ini dengan pertimbangan yang jauh lebih matang dan teliti. Belajar dari kesalahan membeli perabot masak cast iron waktu lalu, kebutuhan membeli sekarang ini berdasarkan logika yang tepat. 

Jangan pernah membeli perabot masak cast iron dengan logika terbalik - rencananya, cita-citanya, ekspektasinya dan harapannya kita akan bisa melakukan ini itu setelah membeli peralatan dapur yang tidak murah ini. Artinya kegiatan itu belum ada sebelumnya dan berharap setelah membeli maka kegiatan itu menjadi ada. Sebenarnya logika berpikir ini juga berlaku dalam membeli barang lainnya juga ya. 

Jadi jika dalam keseharian saya sudah sering membuat big breakfast dengan menggoreng telur, sosis, membuat dadar pancake dan memasak steak dengan wajan yang sama yang dipakainya bergantian dan saling tunggu untuk memasak tumis cah sayur artinya saya sedang membutuhkan wajan pan-fried yang khusus didedikasikan untuk masakan dengan sedikit minyak, mentega (butter) dan lemak. 

Jenis masakan pan-fried membutuhkan wajan dengan ruang yang luas dan lega tanpa memerlukan ketebalan yang dalam, pinggiran wajan yang landai sangat berguna untuk memasak segala jenis masakan sedikit minyak. Jika saya dan suami masih tinggal berdua saja, ukuran wajan cast iron griddle pan yang bulat akan lebih tepat guna ketimbang wajan cast iron griddle pan yang berukuran persegi panjang. Kalau memang sudah rutin memasak panggangan, steak atau BBQ dalam jumlah besar, sering mengundang tetangga dan teman ataupun kerabat sampai kewalahan masaknya; artinya cast iron griddle yang dibutuhkan memang ukuran yang lebih besar. 

Saya sudah pernah memasak menggunakan Lodge cast iron skillet dan saya tidak suka, karena bagian dasar permukaan dari skillet ini sempit, cekungan di bagian pinggir terlalu dalam meskipun melebar di bagian atas tapi tidak ergonomis dan tidak sesuai kebutuhan memasak saya. Nggak nyaman sama sekali deh pokoknya sekalipun untuk masak steak. 

Lalu bagaimana kesan-kesannya pertama kali menggunakan lodge cast iron griddle pan yang sekarang ini? Saya puas berlipat, tidak ada penyesalan sama sekali membeli wajan ini. 

Seperti apa sih penampakan dari wajan Lodge Cast Iron Griddle Pan?


Lodge cast iron griddle pan 10.5 inch / 26.67 cm, sumber : amazon.sg

Wajan Lodge cast iron griddle pan ini jauh lebih leluasa jika dibandingkan dengan Lodge skillet yang datang satu set bersamaan dengan Lodge cast iron double dutch oven seperti foto dibawah. 

1 set Lodge double dutch oven (atas : pot, bawah : skillet)

Sekarang teman-teman sudah mulai ada gambaran ya apa perbedaan antara Lodge skillet dan Lodge griddle pan. 

Lodge cast iron griddle pan ini adalah wajan heavy duty dengan berat 2,1kg yang menggunakan material cast iron atau besi tempa yang biasa digunakan dengan cara memanaskan secara perlahan dan siap untuk memasak. Masakan yang dapat dimasak di tipe wajan Lodge ini memang punya spesifikasi khusus; yaitu masakan dengan sedikit penggunaan lemak, mentega (butter) dan minyak. Saya suka dengan bentuknya lodge cast iron griddle pan yang ergonomis!

Yes! Betapa bahagianya saya karena akhirnya Lodge cast iron griddle pan ini menjawab dengan tepat dan sesuai kebutuhan memasak sehari-hari saya di dapur. Tidak ada penyesalan sama sekali saat membelinya! 

Dapat dibilang frekuensi memasak saya dengan cast iron griddle pan ini cukup teratur. Saya tidak menambahkan aktivitas yang tidak ada sebelumnya melainkan saya hanya memindahkan aktivitas memasak yang sebelumnya harus saling tunggu menunggu dengan 1 wajan ke wajan yang lain. 

Lalu jenis masakan apa saja yang bisa dimasak di atas wajan Lodge cast iron griddle pan ini?
Selama ini saya rutin memakainya untuk menggoreng telur dan bacon, membuat scramble eggs, grilling steak, Japanese teppanyaki, Japanese okonomiyaki / dadar kubis, dadar pancake, flat bread, English muffin, memanggang daging-daging tipis yakiniku atau Korean BBQ, pan seared salmon skin.

Seru banget kan ya? Jadi kesimpulannya apakah wajan Lodge cast iron griddle ini serba guna (versatile)? Well, menurut saya perabot dapur Lodge cast iron griddle pan ini memang wajan serba guna yang wajib dimiliki di dapur dengan catatan apabila teman-teman terbiasa memasak jenis masakan-masakan yang disebutkan di atas tadi. 

Kelebihan hasil masakan yang dimasak di atas wajan besi cast iron memberikan aroma khusus yang tidak bisa didapatkan di wajan dengan material lainnya. Meskipun proses pemanasannya terjadi sangat perlahan tapi material wajan cast iron ini bisa menahan panas dengan titik panas yang tinggi di 250 derajat celcius dalam waktu yang lama jadi bisa digunakan juga di oven. 

Manfaat lainnya adalah kita selalu mendapatkan asupan zat besi tambahan di setiap masakan kita masak di material cast iron. Material cast iron memang sangat istimewa; selain awet dapat dipakai seumur hidup hingga bisa diwariskan ke anak cucu dan cicit, material cast iron ini punya lapisan efek anti lengket (non-stick) yang alami dan aman saat memasak. 

Jangan membandingkan material cast iron dengan material non-stick teflon yang kelihatannya jauh lebih mudah dalam pemakaian dan perawatan tapi punya potensi bahaya bagi kesehatan. Materialnya anti lengket teflon tidak disarankan untuk digunakan di titik panas lebih dari 200 derajat celcius apalagi dalam waktu yang lama karena material non-stick akan terkelupas dan bahaya jika terkonsumsi. Itulah alasan saya menjual peralatan dapur saya sebelumnya yang berbahan non-stick.

Jadi, apakah saya merekomendasikan wajan Lodge cast iron griddle pan ini? 
Ya, tentu saja. Saya akan merekomendasikannya berulang kali untuk teman-teman yang punya kebutuhan masak seperti saya. Teman-teman wajib memilikinya!

Yay! Akhirnya penantian dan perjalanan panjang saya mencari perabot masak cast iron yang tepat datang juga. 

Semoga pengalaman yang saya bagikan tentang Lodge cast iron ini menjadi sumber informasi dan bahan pertimbangan yang bermanfaat untuk teman-teman yang sedang bingung memutuskan untuk membeli wajan cast iron tipe mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Apalagi harga Lodge cast iron di Indonesia tidaklah semurah di Singapura atau di negara lainnya, jangan sampai pilih ya! 

Teman-teman bisa melihat video unboxing Lodge cast iron griddle pan yang saya buat waktu lalu agar punya gambaran yang lebih jelas lagi lewat tautan Youtube dibawah ini : 

Comments

Popular Posts