[Traveling] Pengalaman Menginap di Honolulu : Hotel Aqua Ohia Waikiki - Honolulu, Hawaii

Cara Mudah dan Murah dari Honolulu International Airport menuju Hotel di sekitaran Waikiki bisa dibaca di sini


Kami berdua sedikit harap-harap cemas, kuatir tidak bisa melakukan early check-in mengingat informasi yang kami dapat via booking.com check-in mereka mulai sekitar pk. 15.00 dan pagi ini jam tangan masih belum genap menunjuk angka sepuluh.

Kami menyeberang jalan dan masuk lobi lewat pojok pintu di sisi kanan (lihat gambar). Dari luar hotel kami tampak berdiri kokoh, dengan warna cat kuning kecoklatan, warna yang tidak beda jauh dari warna cat yang banyak kami temukan di gedung-gedung sekitaran bandara. Sepertinya ini adalah warna dasar bangunan-bangunan di Hawaii menurut saya.

Saat kami membuka pintu hotel, kami disambut oleh ruangan lobi yang super nyaman, ada banyak kursi empuk dan sofa di sana. Interior dengan cat tembok warna putih dan warna dominan abu-abu dan coklat pada sofa dan kayu meja dan kursi ditambah lampu warna kuning ini membuat suasana makin hommy. Beberapa koper tergeletak dalam keadaan terbuka di atas lantai bersama pemilik yang baru saja akan check-out pagi itu, mereka membereskan ulang barang-barang yang berada di dalam kopernya.

Ada meja dengan beberapa dispenser bersebelahan - watermelon lime infused water dan teh atau kopi panas tersedia sebagai fasilitas welcome drink dari hotel. Semuanya self service - tinggal ambil cup gelas kertas dan tekan jar dispenser; jika sudah selesai cukup buang ke tong sampah yang tersedia di samping meja.

Saya duduk di salah satu kursi empuk sambil menjaga koper-koper kami, sementara suami disambut oleh salah satu Mbak petugas di meja resepsionis. Kemeja biru putih dengan aksen-aksen ala Hawaii terasa pas dengan postur tubuh, warna kulit dan rupa mereka; padahal si Mbak bukan orang Hawaii - tapi suami cukup yakin dari aksennya, si Mbak adalah orang Filipina.

Dari 10 malam kami seharusnya menginap, 2 malam (2 - 4 Februari 2018) dengan terpaksa harus hangus karena kejadian lalu (baca disini). Kami masih bisa bersyukur karena mereka tidak mengkalkulasikan semua biaya 2 malam secara penuh ke bill pembayaran kami. Si Mbak bilang bahwa biaya amenities atau resort fee-nya mereka tangguhkan, jadi kami cukup membayar 2 malam lalu tanpa biaya resort fee sebesar $25 per malam. OK lah ya, selalu ada hal yang bisa kami syukuri...

Pagi itu kami melakukan pembayaran secara tunai sebesar USD 1413.71 dengan deposit sebesar USD 50 berupa tunai yang bisa kami ambil saat check out nanti.

Hurray, pagi itu sekitar pk. 10.00 we've got our early check-in. Yes!!
Kami mendapat kamar sesuai dengan pesanan kami dari awal - di lantai atas supaya bisa mendapatkan view yang bagus.

Sengaja saya foto keadaan kamar sebelum morat-marit supaya nantinya saya bisa post untuk di-review di situs tempat kami memesan hotel atau juga untuk kepentingan lainnya.

Ada huruf braille di bawah nomor kamar

Kasurnya NYAMAN dan BERSIH! AC Centralnya-nya dingin sekali, sampai-sampai kami hampir selalu memposisikan AC dalam kondisi LOW atau OFF karena masih tetap ada angin dingin sekalipun kami matikan.

Interiornya full kayu jadi terkesan "berat" dan oldfashioned alias kuno

4 kompor lengkap dengan oven dibawahnya, lemari pendingin, mesin kopi berikut kopi dan gula, sabun cuci, dan sponge cuci piring. Tap water di Honolulu aman untuk digunakan dan dikonsumsi.

Peralatan dapurnya super lengkap

Kamar mandi bersih, lantai menggunakan wallpaper lantai berbahan elastis dengan corak terang. Dudukan kloset rendah, semprotan air tidak tersedia.

Bath amenitiesnya lengkap dari handuk badan, handuk tangan, handuk wajah berikut sabun, shampoo, conditioner dan body lotion yang bisa diminta setiap kali habis. Tidak menyediakan sandal hotel. 

Showernya menempel di dinding jadi untuk mandi sedikit kurang nyaman tapi bukan major problem, yang lebih penting adalah hot / cold shower available dan deras!

Pemandangan tampak dari balkon, karena sekitarnya penuh hotel maka pemandangan dari kamar adalah bangunan hotel tetangga. Sisi paling kanan adalah Diamond Head dari kejauhan (sayang saya tidak sempat memotretnya)

View dari dalam kamar adalah bangunan hotel tetangga

Hotel Aqua Ohia, Waikiki - Honolulu yang kami inapi selama 8 ini hampir mendapat zero complain dari kami berdua. Secara kami ini termasuk budget traveler yang maunya murah tapi enak. Memang harga penginapan ini belum termasuk yang paling murah tapi dari sisi lokasi yang strategis dan banyaknya fasilitas yang ditawarkan dan fasilitasnya malahan lebih dari apa yang tertulis di situs booking.com, yang pasti kami puas dan bersyukur.

Saya tidak menemukan satupun helaian rambut di atas kasur. Wah, buat saya itu poin plus plus karena saya ini rewel dan minta ampun cerewetnya, apalagi kalau sudah lihat helai rambut atau debu di atas kasur. Duh! Suasana hati saya bisa anjlok seketika, dan kalau sudah begitu biasanya suami saya yang turun tangan. Hihhihi...

Selama kami tinggal, hotel Aqua Ohia ini lebih banyak kelebihannya daripada kekurangannya - malahan menurut kami berdua kekurangannya hanya 1 saja, yaitu saat room service tidak membersihkan kamar selayaknya kami biasa menginap di hotel-hotel di Asia Tenggara yang mana biasanya saat pergi seharian dan kembali ke kamar maka tempat tidur sudah rapi jali dan licin seperti sedia kala sebelum kami tiduri; meja dengan segala tumpukan kertas dan botol lebih tertata rapi. Hehehe...

Dugaan kami adalah karena negara Amerika memberlakukan tip sebagai hal yang wajar dan umum, jadi mungkin ada efeknya apabila setiap kali sebelum keluar kamar seharian dan kami meninggalkan uang tip di kasur. Itu juga masih kemungkinan karena saya dan suami sama sekali tidak melakukan eksperimen ini dan saya pribadi memilih menata tempat tidur juga selimut sebagaimana saya biasanya merapikannya di rumah dan menata koper serta baju kotor menurut nyaman dan rapinya versi saya. Yang pasti, kami berdua bisa dibilang penghuni kamar hotel yang cukup rapi dan tidak merepotkan kok!

Apakah kami puas selama menginap di Aqua Ohia Waikiki ini?
Ya, kami puas dan akan kembali lagi selama tidak ada hotel lain yang bisa mengalahkan harga dan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel ini.


Popular Posts